ST Maimuna Pemudi Asal Pinrang Wakili Sulsel Diajang Singapore -Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP)

 ST Maimuna Pemudi Asal Pinrang Wakili Sulsel di ajang Singapore -Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP)

PINRANG,-- Kenalin Satu lagi pemuda di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, yang menorehkan prestasi dia adalah ST Maimuna BT. Aziz, berhasil mewakili Sulawesi Selatan dalam Singapore -Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP).

Maimun saat dikonfirmasi membenarkan dirinya berhasil mewakili Sulawesi Selatan dalam Singapore -Indonesia.

"Alhamdulillah bisa terpilih, Terdapat 34 delegasi dari setiap provinsi. Kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian. Yakni fase Singapura yang dilaksanakan pada tahun ini. Sementara fase Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta pada tahun depan. Dan InsyaAllah, saya berangkat 21 November 2021 ke Singapura," kata Maimun kepada awak media, Sabtu, (30/10/2021).

Perempuan yang akrab dipanggil Maimun ini merupakan Anak dari Aziz dan Kartini ini bercerita bagaimana ia bisa mewakili Sulsel dalam pertukaran pemuda ini.

"Sebelumnya itu, senior di kampus saya sudah banyak yang ikut. Berkaca dari itu, saya kemudian daftar. Tahap pertama itu pengumpulan berkas," ucapnya.

Setelah mengisi persyaratan dokumen dan lolos berkas. Akhirnya Maimun dipanggil ke Makassar untuk tes wawancara.Tidak sampai di situ, Maimun juga melewati tes berbahasa Inggris.

"Ada 15 orang waktu itu yang tes wawancara. Kami di tanya terkait plan apa yang akan dilakukan setelah mengikuti program ini, Kita di ajak berkomunikasi dengan bahasa Inggris," kata Alumni IAIN Parepare ini.

Selanjutnya, ia dites mengenai wawasan kebangsaan dan kebudayaan Ada juga penampilan bakat. Maimun menampilkan bakatnya dalam bidang puisi, menari dan menyanyi. Dan Tak disangka, Maimun berhasil masuk lima besar.

"Yang membuat juri tergugah itu karena bakat baca puisi saya," katanya.

Setelah melewati tahap terakhir yakni focus group discussion mengenai kerja sama Indonesia-Singapura, ia akhirnya terpilih menjadi perwakilan Sulsel.

Maimun bahkan sudah memikirkan project apa saja yang bakal ia bagikan jika selesai dari program pertukaran pemuda itu.berfikir bagaimana kembali dan membuat gebrakan.

"Kami punya project pemberdayaan dengan ke desa-desa terpencil untuk mengajar, Saya juga akan berbagi dengan pemuda-pemuda di Sulawesi Selatan melalui komunitas yang ada di kabupaten/kota," sebutnya.

Lebih lanjut, perempuan pertama yang menjadi Ketua BEM di IAIN Parepare ini bercerita jika sangat gemar bertemu orang baru.Anak ke empat dari enam bersaudara ini juga punya cita-cita yang mulia. Ia ingin menjadi pengusaha untuk membuka lowongan pekerjaan.

"Saya percaya, kalau bertemu dengan orang-orang baru itu ada saja hal-hal yang kita bisa belajar banyak, Saya bercita-cita menjadi pengusaha untuk merangkul teman-teman dan membuka lowongan pekerjaan nantinya," bebernya.

Ia pun mengajak pemuda-pemuda untuk menjadi penerus bangsa dengan selalu optimis ketika mengambil keputusan.

"Jangan pernah lelah untuk belajar dan belajar. Ilmu pengetahuan itu bisa merubah nasib seseorang," imbuhnya.(rls)


Biodata ST Maimuna :

Nama lengkap : ST Maimuna BT Aziz

TTL : Pinrang, 23 Mei 1997

Nama orang tua:

-Bapak : Aziz

- Ibu : Kartini


Pengalaman:

- Pengurus Lintasan Imajinasi Bahasa Mahasiswa IAIN Parepare

- Sekretaris Umum PMII Rayon Taribiyah

- Ketua III Bidang Keperempuanan PMII

- Komisariat IAIN Parepare

-Sekretaris III PMII Cabang Parepare

- Ketua Umum DEMA/BEM IAIN Parepare

- Tutor Bahasa Inggris di Nigella Learning Centre, Galaxy Learning Centre dan English Learning Centre (Elbrus Parepare).(rls/)


Simak berikut video berita SNN.









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama