Lestarikan Kebudayaan; Pemerintah Desa Malimpung Gelar Pelatihan Seni Tari "Dilatih Sanggar Tari Sasebo"

 

Lestarikan Kebudayaan;  Pemerintah Desa Malimpung Gelar Pelatihan Seni Tari "Dilatih Sanggar Tari Sasebo"



PINRANG,--Menanamkan Nilai nilai kebudayaan agar tidak tergerus, Desa Malimpung Kecamatan patampanua kabupaten Pinrang mengadakan Pelatihan Seni untuk Generasi Muda. Salah satunya Seni Tari.



Pelatihan Seni Tari merupakan salah satu program kerja yang direalisasikan oleh Desa Malimpung, yang bertujuan mengasah potensi generasi muda terkhusus di bidang Seni agar selalu melestarikan tari tradisional Bugis.


 

Pelatihan bertempat di halaman Kantor Desa Malimpung,(6 Desember - 12 Desember 2021) di latih langsung oleh Sanggar Tari Sasebo dan Pinrang Art Space.


kepala desa Malimpung Muhammad Nur Melalui Abdul Hamid, Staf Desa Malimpung mengatakan mengajak seluruh generasi muda Desa Malimpung untuk ikut dalam pelatihan seni dan melestarikan Kebudayaan.



“pelatihan ini sebagai bentuk menjaga serta melestarikan kebudayaan khususnya tari suku Bugis, kami juga mengajak semua generasi muda Desa Malimpung untuk ikut di pelatihan seni tari ini, karena kita mengagas kedepannya desa malimpung sebagai jalur Desa wisata di Sulawesi Selatan, " jelasnya.



Lanjutnya,Selain itu melihat kondisi kultur budaya yang semakin mulai terlupakan, sehingga lewat program kerja pelatihan seni tari ini ia berharap generasi muda kembali bergairah dalam mendalami Seni.


 

“Kita kembali merefleksikan nilai-nilai budaya, apalagi antusiasme generasi muda desa malimpung sangat tinggi dilihat dari beberapa golongan yang ikut, mulai dari SD sampai SMA yang memang tupoksi dari program kerja Desa Malimpung adalah bagaimana seluruh generasi muda Desa Malimpung terlibat,” jelasnya.



Hal senada diungkapkan Andi Balele.S.Pd,M.Pd pendiri Sanggar Seni Batari Ogi'e (Sasebo) narasumber Pelatihan TARI dan Musik Tradisional Mengatakan program Pelatihan Seni untuk Generasi Muda. Salah satunya Seni Tari ini bentuk apresiasi pelestarian adat kebudayaan.



"pelatihan seni khususnya seni tari desa malimpung diharapkan generasi muda akan lebih memahami dan mendalami, pasalnya dalam Seni tari tak hanya mengajarkan kita menari namun ada sisi kultur kehidupan Se sehari-hari Yang bisa kita maknai,"bebernya



Lanjut kata A.Balele,"diharapkan Usai pelatihan ini generasi muda akan terus melestarikan budaya Budaya lokal karena siapa lagi yang menjaga kebudayaan kita kalau bukan anak bangsa sendiri, jangan sampai terkikis dengan adanya pengaruh modernisasi,"pungkasnya.(Har).


Penulis : Abdul Haris

Editor : Redaksi.



Simak berikut video berita SNN.






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama