-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Kontes Ayam Serama dan Pameran Ayam Hias Akan di Gelar di Pinrang

Jumat, 07 Oktober 2022 | Oktober 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-07T07:02:04Z



PINRANG,--Pelaksanaan Kontes ayam Serama yang di ikuti beberapa daerah di Sulawesi Selatan dan luar daerah ini akan hadir meramaikan kontes ayam Serama yang di selenggarakan oleh Komunitas Ayam Hias Pinrang (A.H.P) yang akan di laksanakan di bulan depan hari Minggu, 6 November 2022 di Kopi Tengah Kota ( KOTEKO ) Jl. Sultan Hasanuddin No. 54. 



 "Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat dalam memelihara ayam serama, juga sillaturahmi para komunitas dan mensosialisasikan gerakan budidaya ayam serama dan ayam hias," Ungkap Ketua A.H.P Rahmatullah.



Mengenal Ayam Serama.

Spesies Ayam serama adalah salah satu ayam hias yang memiliki postur yang pendek, kecil, dan dadanya membusung. Ayam ini adalah ayam terkecil di dunia atau dikenal dengan nama “The Smallest Bantam Chicken” atau ayam kate terkecil di dunia.



" Serama memiliki bentuk yang mirip dengan ayam kate, bedanya kalau ayam ini posturnya lebih kecil dan dadanya membusung. Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya satu hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Bobot ayam serama jantan hanya sekitar 350gr, sedangkan ayam serama betina sekitar 300gr dengan tinggi rata-rata 15cm,"



Ayam serama ini mirip dengan ayam kate, perbedaannya jika ayam kate, memiliki bentuk badan yang lebih besar, dadanya lurus dan tidak menonjol, jika ayam serama memiliki bentuk badan yang lebih kecil dan dadanya sedikit terangkat atau membusung serta sayapnya bisa jatuh lurus kebawah.



Penampilan ayam serama sangat memikat, ketika berdiri tegak dada tampak membusung, sayap tegak lurus, kepala tegak, bahkan melengkung ke belakang menyentuh ekor yang sedang mengembang keatas dan lurus. Seolah-olah ayam ini adalah pemberani, siap mengalahkan lawan-lawannya.



Ayam Serama sangat senang bergaya petantang-petenteng dan tak ragu berkokok lantang. Sehingga sangat menarik untuk dilombakan.



Sejarah Ayam Serama, Dilansir berbagai sumber, cikal bakal lahirnya ayam serama diambil dari tokoh Sri Rama. Dalam epos Ramayana itu diperkenalkan pertama kali pada kontes ayam hias di Batu Pahat pada 1990-an. Saat itu menghebohkan kontes dunia ayam hias. Sampai pada akhirnya ayam ini diberi nama Ayam Serama karena bertingkah seperti raja yang gagah dengan dada membusung. Ayam serama terlihat anggun saat berjalan-jalan.



Saat di konfirmasi Sekretaris pelaksana Andres kegiatan kontes ayam Serama cup 1 2022 ini 15 katagori lomba di rangkaikan pameran ayam hias khusus lokal Pinrang.



" Semoga acara kontes ini awal kebangkitan setelah covid 19 untuk membangkitkan ekonomi penjualan ayam hias kembali. Kami dari panitia pelaksana makasih banyak kepada pihak Koteko untuk tempat pelaksanaan Kontes Ayam Serama dan Pameran Ayam Hias Insyallah berlangsung selama satu hari,".




Kami selaku Panitia pelaksana apabila ada yang mau jadi sponsor di kegiatan kami bisa hubungi kontak 0823-3333-5291 (Andres).(rls/Ali,).


Simak berikut video snn.





×
Berita Terbaru Update