-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Banyak Yang Belum Tahu, Loko Madingin Surga Di Perut Bumi Lasinrang, Ini Lokasinya!

Minggu, 20 November 2022 | November 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-20T05:14:02Z

Banyak Yang Belum Tahu, Loko Madingin Surga Di Perut Bumi Lasinrang,



PANORAMA,--Kawasan karts kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan yang membentang dari kecamatan Duampanua - Batulappa yang berada di kawasan pegunungan Tiras menuju ke Timur melewati Batulappa hingga ke Bambapuang Enrekang meyimpan keindahan alam bawah tanah.

Sebuah Loko (Gua ) sebutan warga sekitar Desa Watang Kassa ,membentang puluhan loko (gua) yang memiliki keindahan alam bawah tanah yang exsotik.


Gua yang memiliki karakter berair ini memiliki ornamen ornamen indah ,stalaktik stalakmit menjulang bak tiang mega di dalam perut bumi Lasinrang.


Loko Madingin juga berfungsi sebagai sumber mata air warga sekitarnya terutama pada persawahan milik warga.



Loko Madingin memiliki dua pintu masuk kedalamnya pintu pertama dengan berukuran raksasa dengan aliran sungai dari dalam gua,pintu kedua berukuran kecil berada tidak jauh dari pintu pertama.

Awal masuk kita meyusuri sungai dengan batuan karts ,lalu lumpur bercampur kotoran kalelawar setelah melewati pintu angin sebuah lorong kecil dimana harus merayap namun terasa dingin karena hembusan angin.



Setelah itu barulah kita di sugukan lorong raksasa bak terowongan kereta api bawah tanah dengan ornamen stalaktik dan stalakmit.



Makin jauh kedalam keindahan Loko Madingin ini makin mempesona sebuah aula raksasa di penuhi ornamen hingga batuan transparan saat terkena cahaya senter

Puluhan lorong lorong kecil yang belum terjamah menyimpan banyak misteri bagi para penelusur gua.



Di ujung lorong utama sebuah area menanjak terdapat hamparan batu bak kristal bening serta relip relip dinding gua.



Loko Madingin selalu punya cerita bagi para penelusur yang  telah bekunjung kesana ,jika ingin kesana sebaiknya mengajak orang orang yang berpengalaman di bidang caving (Susur gua),karena gua ini merupakan wisata minat khusus.(rls/fz)

×
Berita Terbaru Update