Civitas SMA Negeri 1 Pinrang Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda

 

Civitas SMA Negeri 1 Pinrang Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda

PINRANG,-- Peringatan hari Sumpah pemuda yang 93 dilaksanakan di SMA negeri 1 Pinrang, yang diikuti seluruh civitas SMA negeri 1 Pinrang, berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran covid19 dan beberapa siswa menggunakan pakaian adat Nusantara sebagai simbol persatuan pemuda seluruh Indonesia, Kamis 28 Oktober 2021.

Pada upacara Hari Sumpah Pemuda yang digelar dipimpin langsung pembina upacara adalah pengawas pembina Djasman Tanreso, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di SMAN 1 Pinrang penuh semangat kebersamaan.


" Sumpah Pemuda merupakan titik tolak munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda mengikrarkan kepada bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi perasaan dan sikap tentang satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Makna yang tertuang dalam isi teks Sumpah Pemuda sangat mendalam, mendukung lahirnya persatuan dan kesatuan di Indonesia,"

lanjutnya,"Hari Sumpah Pemuda seharusnya dimaknai secara khidmat oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi para pelajar, sebagai bagian dari generasi muda penerus bangsa Indonesia,"

"Olehnya itu SMA negeri 1  Pinrang tidak mau ketinggalan untuk turut serta menyelenggarakan upacara sumpah pemuda 28 Oktober 1928-28 Oktober 2021
Sumpah Pemuda adalah tonggak sejarah awal bersatunya para pemuda di Indonesia, dalam upaya mencapai kemerdekaan Negara Republik Indonesia ( NKRI harga mati ) jangan cuma jadi slogan tapi betul dan terintegrasi dalam prilaku seluruh elemen bangsa terkhusus Pemuda Jayalah Pemuda,"

Dalam Amanahnya Djasman Tanreso juga mengimbau pemuda dan seluruh elemen bangsa terkhusus civitas SMA negeri 1 Pinrang secara umum menyampaikan bahwa mari pemuda Milenial berbuat untuk mengisi diri dengan keilmuan yang saat sekarang ini bisa diakses tanpa harus kemana-mana cukup ditempat karena perpustakaan sudah digenggaman masing-masing.

"Melalui Sumpah Pemuda, para pemuda mengikatkan diri untuk bersama-sama menjaga tanah air Indonesia, dari berbagai ancaman yang dapat memecah belah persatuan bangsa.Adapun makna Sumpah Pemuda secara khusus bagi pelajar adalah sebagai berikut,1. Memberikan penekanan untuk menghargai perjuangan Indonesia, 2. Mendorong semangat juang pemuda, 3. Menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, 4. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga akan bahasa Indonesia, 5. Mengajak untuk senantiasa menjaga keutuhan bangsa, 6. Meneguhkan rasa cinta tanah air,"Ulasnya.

Tambahnya, Sumpah Pemuda adalah sebuah bentuk pengakuan akan rasa cinta tanah air, yang mendorong para pemuda untuk berjuang dalam satu kesatuan.Di masa Indonesia sudah merdeka dan bersatu seperti sekarang, rasa cinta tanah air harus terus dipupuk, dengan senantiasa mencintai keragaman yang ada di Indonesia, agar tidak menjadi sarana konflik sosial.

Terkhusus kepala UPT SMA negeri 1 Pinrang PinrangUcapan terima kasih dan sangat memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya untuk melaksanakan upacara sumpah pemuda disekolah adalah bentuk yang sangat luar biasa, bisa mengingat betapa gigihnya Pemuda Memperjuangkan NKRI. Jayalah Pemuda, Hidup Pemuda.(rls/Zu).

Simak berikut video berita SNN.
















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama