Lestarikan Tradisi, Addatuang Sawitto Gelar Acara Maccera Arajang

 Lestarikan Tradisi, Addatuang Sawitto Gelar Acara Maccera Arajang


PINRANG, – Puncak Acara Maccera Arajang yang digelar oleh Addatuang Sawitto digelar, Senin (15/11/2021) di Arrajang Sawitto, Kelurahan Benteng Sawitto Kecamatan Paleteang.

Acara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena digelar seusai melakukan panen raya.

Bupati Pinrang Irwan Hamid yang hadir mengungkapkan bahwa, kegiatan pelestarian adat istiadat seperti ini sangat penting dilaksanakan untuk menjaga budaya yang mulai dilupakan akibat perkembangan zaman.



Bupati Irwan melanjutkan, selain sebagai upaya pelestarian budaya, Maccera Arajang ini juga digunakan sebagai ajang silaturrahmi keturunan – keturunan Addatuang Sawitto yang banyak tersebar dan menetap di luar Kabupaten Pinrang.

Olehnya itu, lanjutnya, Bupati Irwan mengucapkan apresiasi yang sangat tinggi kepada Addatuang Sawitto yang masih terus melestarikan adat istiadat dengan penyelenggaraan kegiatan – kegiatan Budaya seperti ini.

“Saya mengucapkan Apresiasi kepada Yang Mulia Datu Sawitto karena masih terus melestarikan adat istiadat dengan penyelenggaraan kegiatan seperti ini” Ungkap Bupati Irwan.


Selain diisi dengan kegiatan Mappadendang, gelaran ini juga diisi dengan kegiatan mattojang dan Pencucian Senjata pusaka peninggalan Addatuang Sawitto.

Hadir dalam kegiatan ini, Datu Sawitto ke – 26 Bau Sawerigading, Kepala Kejaksaan Negeri Pinrang Agus Kahiruddin, SH, MH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang Hj.A.Sri Widiati Irwan dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah kabupaten Pinrang.(*/Infokom Pinrang).

Simak berikut video berita SNN.









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama