BREAKING NEWS

Loading...

Kreatif, Bank Sampah Peduli Pinrang Budidaya Maggot BSF. Ini Manfaatnya,!

Kreatif, Bank Sampah Peduli Pinrang Budidaya Maggot BSF. Ini Manfaatnya,!



PINRANG,--Bank Sampah Peduli Pinrang  Budidaya Maggot BSF (Lalat tentara hitam) di Bank Sampah" Lalat menetaskan telur yang kemudian menjadi maggot, setelah beberapa minggu maggot berubah menjadi kupa, selanjutnya kupa berubah menjadi lalat.

 Biasanya, setelah kawin lalat jantan akan mati dan lalat betina bertelur. Lalu, setelah telur itu menetas akan menjadi maggot,” Ujar Akbar.Jumat, 11 Okt 2019

Ketua Bank Sampah Peduli Pinrang Ali Topan mengaku termotivasi untuk membudidayakan maggot lantaran banyak sampah organik yang berserakan. M

 bahan pakan maggot hanya berupa sisa sayuran dan buah buahan. Jadi, protein maggot sangat tinggi jika dibandingkan dengan pelet dll.

“Kami ingin agar peternak ikan beralih dari pelet ke maggot dengan pertimbangan harga yang lebih murah dan maggot yang lebih steril jika dibandingkan dengan pelet. Selain itu, maggot juga sangat baik untuk pakan burung dan ayam,” ujarnya.


Bank Sampah Peduli Pinrang
Menurut Andi Agus Sarifuddin, budidaya maggot baru berjalan sekitar 3 bulan.

Namun dia mengakuinya harus ekstra kerja keras untuk membudidayakan maggot. Misalnya saja harus menjaga kandang agar selalu steril, harus dibersihkan setiap hari. Kami sudah menpunyai telur magot dan sudah ada menetas bibit  ini kami dapatkan di Yayasan Peduli Negeri Makkassar (YPN) serta maggot dari Kak Ullah Dinas Kesehatan Pinrang.(Ali/Rls)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kreatif, Bank Sampah Peduli Pinrang Budidaya Maggot BSF. Ini Manfaatnya,!"

Posting Komentar