Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Berkat Pemuda Ini, Kemiri Asal Pinrang Tembus Ekspor Ke Hongkong

Ket gambar : 
Hamsah. M selaku owner Kemiri Sultan Pinrang (kanan) bersama ketua Komunitas Alam lestari Pinrang,Asriadi (Tengah) Dan Koordinator Bank Sampah Pinrang,Ali Topan (kiri)



PINRANG,--Kemiri adalah tumbuhan yang bijinya di manfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Buah kemiri yang dihasilkan para petani dari kabupaten/kota di Sulawesi terkhusus daerah Pinrang.

"Buah kemiri itu memiliki khasiat dan nilai ekonomi yang cukup tinggi, dan sangat diminati di negara-negara di dunia," ungkap Hamsah. M selaku owner Kemiri Sultan Pinrang

Kemiri bernilai ekonomi tinggi.
Selain itu, kemiri merupakan tanaman konservasi. Dibandingkan sengon, kesambik, mahoni—ada masa penebangan—, kelestarian kemiri justru lebih terjaga. Pohon menjulang tinggi, bahkan banyak petani menanam di halaman rumah mereka lantaran nilai ekonomis biji kemiri itu.

Akhirnya, kemiri yang lebat,  tetap lestari. Tutupan pohon  kemiri jauh lebih lebat dibandingkan yang ditanami buah-buahan.

kemiri, tak banyak tanaman semusim seperti pisang, cabai, atau sayur-sayuran. selain itu bisa membuka lapangan kerja setempat kata Hamsah. M selaku owner Kemiri Sultan Pinrang Merupakan warga Desa Sikkuala, Kec. Cempa kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan.

tambahnya kata dia, "kami sangat berharap petani kemiri khususnya wilayah Pinrang dapat kerja sama sehingga petani penjualan biji kemiri dapat kami bekap sesuai harga di pasaran,"pungkasnya.(Rls/Ali)