Recent Posts

Contributors

Berbuka dengan yang Manis, Upaya Lekas Kembalikan Kesegaran

Jumat, 10 Mei 2019

Istimewa
TIPS PUASA SEHAT

TIPS SEHAT,--Saat berbuka puasa, umat Islam disunahkan untuk mengawalinya dengan makanan atau minuman yang manis-manis. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan mengingat kandungan glukosa di dalamnya.

"Glukosa itu sumber energi yang paling mudah diserap oleh tubuh," kata Ahmad Syafiq, ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, kepada NU Online pada Rabu (8/5).

Puasa tentu saja menguras banyak energi mengingat lebih dari 12 jam tanpa asupan makanan dan minuman. Glukosa, kata Syafiq, dengan cepat mengembalikan energi ke dalam tubuh.

"Sebaiknya yang mengandung glukosa sehingga dengan segera mengembalikan energi," ucapnya.

Lebih lanjut, Syafiq menjelaskan bahwa glukosa merupakan asupan primer bagi otak. "Terutama otak karena sumber energi utama bagi otak adalah glukosa. Jadi makan dan minum yang manis-manis saat berbuka itu upaya cepat mengembalikan kesegaran otak, biar tetap waras dan segar," katanya.

Kandungan glukosa itu tidak saja bagi makanan dan minuman yang manisnya alami seperti buah-buahan. Akan tetapi, makanan dan minuman yang diberi gula, seperti kolak ataupun lainnya juga mengandung zat yang sama. Seperti semua hal lainnya, tentu konsumsi yang manis-manis tidak boleh berlebihan.

Juga penting, lanjut Syafiq, hal tersebut juga harus ditambahkan dengan gizi yang seimbang. "Tapi selanjutnya gizi seimbang harus, makanlah beraneka ragam makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi," pungkas Ketua Abdurrahman Wahid Center for Peace and Humanities (AWCPHUI) itu. (Syakir NF/Kendi Setiawan)/NU.or.id)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI