Hadirkan A.Irma Legislator Sulsel, Kesbangpol Pinrang Sosialisasi Pendidikan Politik Di Suppa

 


Hadirkan A.Irma Legislator Sulsel, Kesbangpol Pinrang Sosialisasi Pendidikan Politik Di Suppa


PINRANG,— Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan anggota DPRD Provinsi menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat Pinrang hususnya masyarakat Suppa, bertempat di Aula Kantor Camat Suppa, Kelurahan Suppa, Kabupaten Pinrang, Selasa (8/12/2020).


Kegiatan sosialisasi ini dihadiri, Azizah Irma Wahyudianti Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Kaban Kesbangpol Abdul Rahman Usman, Sekertaris Camat Suppa Para kepala Desa dan Lurah serta Tokoh Masyarakat.


Andi Azizah Irma menuturkan, pendidikan politik sangat penting agar masyarakat bisa memilih atau memfilter politik yang bermartabat.


Politik sering dijadikan sebagai bahan perbincangan bahkan diperdebatkan, seperti di Facebook, WhatsApp, Instagram dan dibeberapa sosial media lainnya, hal tersebut dapat berdampak meronrong Kewibawaan pemerintah bahkan menghancurkan ideologi Pancasila.


Andi Azizah menambahkan, “perkembangan media sosial bisa membawa pengaruh yang luar biasa bagi pemilih pemula jika tidak bisa menyaring berita HOAX atau FAKTA. Pendidikan Politik sangat penting bagi pemilih pemula agar mengetahui bagaimana menjadi warga negara yang baik. Setiap masyarakat mempunyai hak dan kewajiban dalam proses politik di daerah untuk menentukan arah kebijakan yang lebih baik dalam berbangsa dan bernegara,” jelasnya.


Sementara itu Kaban Kesbangpol Kabupaten Pinrang Drs. Abdul Rahman Usman, M.Si tujuan pelaksanaan tersebut memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang 4 Pilar Bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.


Dalam berpartisipasi politik individu bagaimana menghimpun info dari media massa dan medsos positif dan proses pembelajaran dan pemahaman mengenai hak kewajiban dan tanggung jawab tiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


“Tujuan pelaksanaan ini agar kiranya pendidikan politik mempunyai nilai ideal pada sistem politik, agar tahu dan paham akan politik, menjadi warga negara dengan kesadaran politik yang tinggi mengunakan hak pilihnya secara cerdas memilih calon yang penuh visi dan misi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat serta gerakan revolusi mental bagi masyarakat untuk menjaga tegaknya ediologi pancasila dan kesatuan persatuan,” pungkasnya. (Rls)