12 Inovasi Pemkab Pinrang Ikuti Kompetisi Pelayanan Publik Digelar Kemenpan RB RI, Ini Kata Kabag Ortala Syamsu Marlin

12 Inovasi Pemkab Pinrang Ikuti Kompetisi Pelayanan Publik Digelar Kemenpan RB RI, Ini Kata Kabag Ortala Syamsu Marlin


PINRANG,--12 Inovasi Pemerintah kabupaten Pinrang siap berlaga dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) itu yang di perlombakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia untuk seluruh instansi negara yang ada daerah di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan langsung Kabag Ortala Setda Pinrang, DR Syamsu Marlin kepada awak media.

"Sebanyak 12 inovasi itu diantaranya, inovasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (CDR Layanan Tanpa Batas), inovasi Dinas Kesehatan (Kolase Pro Inting; Prakadamantik), inovasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Jabat Erat; PaKSI Pinrang; Rajin) Inovasi Dinas Peternakan dan Perkebunan (Livestock Zero Waste; Pelan Itu Bagus), inovasi Puskesmas Batu Lappa (Klik Akun Bumil), inovasi Puskesmas Bungi (Lima Pandawa), inovasi Puskesmas Lampa (Antar Ki’), inovasi RSUD Lasinrang (KBPP),"ungkapnya.

Lanjut kata Kabag Ortala Setda Pinrang, DR Syamsu Marlin mengatakan, ke-12 inovasi instansi tersebut telah lolos seleksi admistrasi dan layak ikut kompetisi dari beberapa OPD, Puskesmas dan Rumah Sakit. 

"Inovasi yang diperlombakan tersebut merupakan program layanan publik yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dibawah bimbingan Ortala Setda Pinrang dan Kita akan terus melalukan pembinaan dalam bidang inovasi bagi semua instansi pemerintah lingkup Pemkab Pinrang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag Tata Laksana, Kinerja dan Pelayanan Publik, Fitriani Aska, sebelumnya dua inovasi dari Kabupaten Pinrang berhasil masuk top 30 Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2021.

"Dua inovasi itu  yakni Gerai Perijinan Desa dan Kelurahan (Rajin) dan Kerjasama Pembinaan dan Bantuan Ekonomi Berkelanjutan (Jabat Erat) dan Rajin dan Jabat Erat merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pinrang ikut di perlombakan di tingkat pusat bersama inovasi dari berbagai daerah yang ada di Nusantara,

“semoga inovasi yang ikut kompetisi itu membuahkan hasil terbaik, untuk kabupaten Pinrang,” pungkasnya.(har/rls)