Jelang Lawan Timnas Indonesia, Vietnam Harus Susah Payah Gelar Latihan

 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia dan Vietnam mulai mempersiapkan diri untuk bertempur di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam rencananya akan digelar pada Senin (7/6/2021) di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia dan Vietnam sudah mengumpulkan para pemainnya untuk berlatih menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pemain Timnas Indonesia (merah) saat melawan Timnas Vietnam pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam. Timnas Indonesia dipermalukan Timnas Vietnam 1-3. Tribun Bali/Rizal Fanani
Pemain Timnas Indonesia (merah) saat melawan Timnas Vietnam pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam. Timnas Indonesia dipermalukan Timnas Vietnam 1-3. Tribun Bali/Rizal Fanani (Tribun Bali/Rizal Fanani)

Sayangnya, situasi kurang mengenakkan justru dialami oleh Vietnam.

Tim asuhan Park Hang-seo itu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk sekadar menggelar latihan tim.

Nguyen Tuan Anh dan kolega mesti terjebak macet dalam perjalanan menuju tempat latihan di kompleks stadion milik Shabab Al Ahli itu.

Alhasil, mereka terlambat 15 menit dari jadwal latihan yang direncanakan.

Padahal, rombongan tim Vietnam sudah mendapat pengawalan dari polisi setempat saat menuju tempat latihan.

Mereka pun masih kesulitan saat akan memasuki gerbang utama stadion.

Keadaan lalu lintas yang padat membuat Vietnam mesit menggunakan jalan lain untuk mengakses pintu masuk stadion.

Pelatih Park Hang-seo pun harus memutar otak untuk kembali menata jadwal latihan anak asuhnya pada Jumat (4/6/2021) sore waktu setempat, sebagaimana dikutip dari media Vietnam, Zing News.

Kolega dari pelatih Shin Tae-yong itu akhirnya membuat keputusan untuk membatalkan sebuah sesi wawancara yang seharusnya digelar di tempat latihan.

Striker Timnas Vietnam, Nguyen tien Linh harusnya menjadi narasumber dari wawancara dengan media dari negaranya sendiri.

Pemain Timnas Indonesia Beto Goncalves berduel dengan pemain Timnas Vietnam dalam babak Kualifikasi Pra Piala Dunia Grup G di Stadion Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). Timnas Indonesia kalah 1-3 di kandangnya sendiri oleh Timnas Vietnam. Tribun Bali/Rizal Fanany
Pemain Timnas Indonesia Beto Goncalves berduel dengan pemain Timnas Vietnam dalam babak Kualifikasi Pra Piala Dunia Grup G di Stadion Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). Timnas Indonesia kalah 1-3 di kandangnya sendiri oleh Timnas Vietnam. Tribun Bali/Rizal Fanany (Tribun Bali/Rizal Fanany)

Tersendatnya jadwal latihan Vietnam diharapkan dapat menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia.

Skuat Garuda sejauh ini tak menemui kendala berarti dalam melaksanakan latihan.

Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut menjalani seluruh tahapan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan lancar.

Teranyar, Timnas Indonesia menggelar latihan pemulihan setelah tampil habis-habisan melawan Thailand, (3/6/2021) lalu.

"Karena ini turnamen, jadi harus mengumpulkan energi, otomatis porsi latihan turun dan sedikit," ungkap Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

"Setelah mengumpulkan energi (istirahat dari pagi hingga siang, tidak ada latihan pagi) akan dikeluarkan energi itu."

"(Energi itu akan dikeluarkan) saat latihan," sambungnya.

Shin Tae-yong tak lupa untuk tetap menyisipkan latihan strategi kepada para pemainnya.

Momen latihan pemulihan kali ini digunakan pelatih berusia 51 tahun itu untuk menganalisa kekurangan dari Asnawi Mangkualam cs.

Pemain Thailand dikepung oleh beberapa pemain Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G yang berakhir 2-2.
Pemain Thailand dikepung oleh beberapa pemain Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G yang berakhir 2-2. (Instagram @Changsuek)

Laga melawan Thailand lalu tentu menjadi tolok ukur yang digunakan Shin dalam menentukan strategi ke depannya.

"Hari ini lebih untuk menganalisa mencari kekurangan yang terjadi di pertandingan lawan Thailand," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi itu yang akan kita fokuskan untuk laga berikutnya," lanjutnya.

Kualifikasi Piala Dunia 2022

- Timnas Indonesia vs Vietnam >>>> 7 Juni 2021

- Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab >>>> 11 Juni 2021

(Tribunnews.com/Guruh)