Karutan Pinrang Pimpin Apel Siaga Pengamanan Jelang Nataru

 


Karutan Pinrang Pimpin Apel Siaga Pengamanan Jelang Nataru


PINRANG --- Tindak lanjuti arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia terkait peningkatan kewaspadaan menghadapi perayaan natal dan tahun baru 2022, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, Wahyu Trah Utomo pimpin apel siaga pengamanan bagi seluruh Pegawai Rutan Pinrang jelang memasuki Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kamis (23/12/2021).



Apel siaga ini juga dirangkaikan dengan pemeriksaan pakaian dinas dan atribut yang dilakukan oleh Satops Patnal Rutan Pinrang. Selesai itu, Karutan Pinrang juga serahkan secara simbolis bingkisan tahun baru berupa kalender dan masker kepada tiga orang perwakilan pegawai sebagai bentuk perhatian Karutan kepada jajarannya.



Saat arahan, Kepala Rutan Pinrang menghimbau kepada pegawai agar meningkatkan kewaspadaan diri dan keluarga terhadap penyebaran covid-19 varian omicron yang sudah terdeteksi ada di Indonesia.



"Sesuai arahan Pak Sekjen, beliau sangat mewanti-wanti penyebaran Covid-19 bagi Pegawai Kemenkumham, jaga diri dan keluarga baik-baik jangan sampai tertular varian yang baru." Himbauanya.



Selanjutnya, menurut Karutan, deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan wajib ditingkatkan.


"Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) dan Komandan Jaga harus memastikan kesiap-siagaan Petugas, kelengkapan sarana dan prasarana pengamanan, lingkungan blok hunian yang steril, dan memilter barang-barang masuk yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtib." Himbaunya.



Lebih lanjut, Karutan juga meminta kepada Kepala Sub Seksi Pengelolaan untuk menyusun jadwal piket tambahan bagi pegawai jelang dan saat memasuki Hari Raya Natal dan Tahun Baru.



"Agar jadwal piket tambahan segera diterbitkan, untuk melakukan backup pengamanan bagi Petugas Penjagaan." Terangnya.


Karutan juga menekankan agar Petugas Jaga intens melakukan kontrol keliling (troling) kamar hunian dan lingkungan Rutan. Selain itu, memastikan Sarana dan Prasarana pendukung operasional kantor dalam keadaan baik dan tersedia seperti kondisi listrik atau genzet, Apar yang siap pakai, kebutuhan air tercukupi dan makanan Warga Binaan tersedia dengan baik dan layak.



Khusus bagian Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Karutan Pinrang menekankan agar memastikan hak-hak Warga Binaan terpenuhi dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.



"Berikan pelayanan terbaik bagi Warga Binaan, penuhi haknya, termasuk hak remisi Natal bagi yang beragama Nasrani, jangan ada diskriminasi dalam melayani dan jangan ada kekerasan bagi Warga Binaan. Kita harus melayani secara Humanis." Tegas Karutan.



Terakhir, Karutan mengharapkan agar seluruh petugas memiliki daya intelijen yang kuat  menjalin koordinasi antarpetugas maupun Aparat Penegak Hukum Lainnya.



"Selalu ingat Waspada Jangan-Jangan, pastikan peristiwa yang terjadi, lapor seketika." Tutupnya.



Selesai Apel Siaga, Karutan Pinrang beserta jajaran selanjutnya mengikuti pengarahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sul-Sel, Harun Sulianto terkait sosialisasi penyusunan SKP dan disiplin Pegawai secara virtual.


Kontributor: Humas Rutan Pinrang.


Simak berikut video berita SNN.












Post a Comment

Lebih baru Lebih lama