-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Massenrempulu Festival Disiapkan Masuk Calendar of Event Kemenparekraf

Rabu, 28 September 2022 | September 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-28T12:32:46Z

 

Massenrempulu Festival Disiapkan Masuk Calendar of Event Kemenparekraf



ENREKANG -- Massenrempulu Festival 2022 terlaksana dengan lancar dan sukses, Rabu 28 September 2022. Ajang ini bakal disiapkan masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata dam Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).




Mafest 2022 digelar sejak pagi hingga malam, di Kota Enrekang, dan dipusatkan di Alun-alun Abu Bakar Lambogo Batili.



Dimulai dengan jalan santai yang diikuti 2000 peserta, penampilan band, festival minum kopi 2000 cup gratis. Kemudian sore harinya, digelar Batili Maroa yang sudah 2 tahun terakhir vakum.



Batili Maroa diisi dengan pawai defile yang menampilkan kreasi unik dan menarik dari masyarakat Kota Enrekang. Panitia menghadirkan pedangdut Aty Kodong menghibur masyarakat.



Sedang malamnya, acara yang ditunggu-tunggu masyarakat pun dimulai. Pasha Ungu hadir membawakan lagu-lagu terbaiknya.



"Kita ingin Massenrempulu Festival ini masuk dalam Calendar of Event Kemenparekraf, namun tentu itu ada syarat yang ketat harus dipenuhi," beber Anggota DPR RI Mitra Fakhruddin MB yang menginisiasi Mafest 2022.



Acara di daerah yang masuk dalam Kalender Event menjadi prioritas Kemenparekraf untuk menjaring lebih banyak wisatawan. Lokal maupun mancanegara. Namun harus memenuhi cultural values, comercial values, dan konsistensi. 



"Jadi paling tidak dilaksanakan 3 tahun berturut turut, dengan dampak yang bermanfaat baik langsung maupun tidak langsung," urai Mitra.



Bupati dan Wabup Enrekang mendukung penuh jika Massenrempulu Festival didorong sebagai event tahunan. Apalagi sarana prasarana mendukung dengan Alun-alun megah. Ia berharap tahun depan lebih meriah lagi.



"Manfaat event ini banyak. Ini wadah silaturahmi, ajang bergembira, adu kreativitas, memperkenalkan potensi-potensi Enrekang terutama UMKM dan pariwisatanya dan paling utama menggerakkan ekonomi  kecil dan menengah, untuk kesejahteraan masyarakat," kata Bupati.



Inisiatif penyelenggaraan Mafest 2022 sejatinya dari Mitra Fakhruddin MB. Namun ia menegaskan, event ini merupakan gagasan dan ide anak-anak muda Enrekang. 



Karena itulah, Mitra menegaskan Massenrempulu Festival 2022 adalah panggung anak muda Kabupaten Enrekang. Terbukti panitia merupakan putra-putri Enrekang, para duta wisata, dan SDM lokal Enrekang. 40 barista yang meracik 2000 cup kopi, juga orang Enrekang.



Hebatnya, kegiatan ini tidak membebani APBD, sebab didanai dari sponsor yang diloby langsung oleh Mitra. Diantaranya, Pertamina, Sarana Multi Infrastruktur (SMI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta belasan sponsor lainnya.



Hadir pada saat pembukaan, Ketua DPRD Enrekang Idris Sadik, Sekda DR.H Baba, SE.,MM., dan jajaran pimpinan forkopimda Enrekang. (*/Syh/rls).



Simak berikut video snn.











×
Berita Terbaru Update