-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Rapat Forum DAS di Pinrang, Tegaskan Transparansi Aliran DAS

Kamis, 06 Oktober 2022 | Oktober 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-06T14:06:24Z
 

PINRANG,--Dalam Rapat Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pengolahan DAS Kabupaten Pinrang 2022, Rabu, 5 Oktober 2022. Di Hotel Ms Pinrang.



Kegiatan dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal pengelolaan daerah aliran sungai dan rehabilitasi hutan.



 Pelaksana Balai Pengolahan Daerah Aliran Sungai Jeneberang Saddang menghadirkan lembaga forum di Kabupaten Pinrang, Bappeda, Dinas Pertanian dan Hortikultura, Perkim- LH, PUPR, Ketahan Pangan, Dispaspor, PLTA Bakaru, KPH Sawitto, Koordinator FP IV Sulawesi, Camat Lembang, Desa Ulusaddang, Desa Suppirang, Desa Lembang Mesakada, Desa Sali - Sali, Desa Basseang, Kelurahan Betteng, serta Lembaga Kemasyarakatan.




Narasumber dalam kegiatan dalam forum ada tiga yaitu yang mewakili Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan Julisman, S.Hut, (Kebijakan Pemerintah Sulsel Dalam Mendukung Percepatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Kab. Pinrang). Pemilik Wisata Karomba Kec. Lembang, Kab. Pinrang Ir. Donatus ( Selayang Pandang Pengolahan Wisata Karomba Mendukung Jasa Lingkungan di Kab. Pinrang).




 Mewakili Forum DAS Sulawesi Selatan Ir.H.Irawan Majid ( Peran dan Fungsi dalam Rangka Optimasi Koordinasi Para Pihak pada Wilayah DTA Bakaru). Kegiatan Rapat ini di adakan di Kab. Pinrang dan Kab. Mamasa, Sulawesi Barat.



Ketua Yayasan Masyarakat Peduli Pinrang (YMPP) sebagai moderator dalam kegiatan ini menyampaikan kepada pihak program Forest IV Sulawesi atau yang menangani DTA Bakaru untuk menyampaikan kegiatan pendampingan yang di adakan selama ini kami sebagai anggota forum juga perlu tau program apa saja pendampingnya serta kegiatan yang sudah di laksanakan menimal kami tau supaya kami juga sebagai anggota forum bisa monitoring dan evaluasi sesuai tugas kami jangan ada masalah baru kami tau ada sudah masuk program tanpa ada koordinasi.




 Sesuai SK Direktur Jenderal Pengolahan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitas Hutan. Kementerian KLH Nomor : SK.15/PPASRH/PPPDAS/DAS.0/4/2022. Tentang susunan keanggotaan dan tugas Forum Koordinasi Pengolahan Daerah Tangkapan Air (DTA) Bakaru, Das Saddang Tahun 2022 - 2026



Salah satu tugas poin 3. Dukungan pelaksanaan pengolahan DAS meningkatkan usaha- usaha produktif petani di area DTA Bakaru untuk kesejahteraan Masyarakat melalui usaha pertanian yang menerapkan konservasi tanah dan air. Salah satu fungsi Forum monitoring dan perencanaan. Kami berharap ada transparansi kegiatan supaya kami juga apa yang di laksanakan di daerah kami.



 
"Dalam dalam kesempatan kami berharap ada perbaikan jalan menuju Wisata Karomba yang sekarang tersebar di media sosial banyak orang yang mau berkunjung sayangnya kondisi jalan ke lokasi saat ini rusak berat semoga pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bisa ada relasi karna jalur ini ada jalur Provinsi,"Ungkap Ketua YMPP.(Ali/rls).



Simak berikut video snn.






×
Berita Terbaru Update