-->

Notification

×

Indeks Berita

Kewaspadaan Mitigatif, BPBD Pinrang dan Basarnas Kolaborasi Pantau Lokasi Wisata

Senin, 24 April 2023 | April 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-24T14:44:32Z

Kewaspadaan Mitigatif, BPBD Pinrang dan Basarnas Kolaborasi Pantau Lokasi Wisata




PINRANG,- - Memasuki hari kedua libur lebaran dan cuti bersama Idul Fitri 1444 H, BPBD Pinrang melalui kegiatan Tim Kewaspadaan Kesiapsiagaan gabungan TRC dan Basarnas melakukan pengawasan dan pemantauan bagi para pengunjung wisatawan lokal yang berwisata di pesisir pantai Al Fath Paradise, Kelurahan Data Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang.




Puncak liburan di hari kedua libur lebaran pasca Idul Fitri, semakin meningkatkan Tim Reaksi Cepat BPBD Pinrang dan Basarnas melakukan pemantauan dan kewaspadaan dini bagi para wisatawan lokal yang berwisata di lokasi pemandian pesisir pantai. Meningkatnya pengunjung, yang memanfaatkan libur lebaran sambil berwisata di tepian pantai, perlu ditingkatkan pengawasannya untuk menjaga hal-hal beresiko terjadinya insiden yang berdampak korban jiwa.




 "Kami selalu intensif memantau pergerakan pengunjung wisata pantai khususnya yang saat ini sedang libur lebaran. Personil kami tingkatkan kesiapsiagaannya untuk memonitor dan mengawasi wisatawan agar terhindar dari resiko yang membahayakan keselamatan jiwanya", kata Dadang Tarkaz, Kepala Pos Basarnas Pare-Pare saat memantau di lokasi wisata pantai.



Kegiatan Pos Pemantauan Terpadu, dilakukan sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi seluruh aparat terkait untuk mendukung sukses tertibnya pelaksanaan Operasi Ketupat 1444 H, yang menjadi acuan bersama sesuai arahan dari Bapak Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB-RI, Basarnas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan.




Suksesnya pelaksanaan Operasi Ketupat dari unsur gabungan aparat terkait, diwujudkan secara kolaboratif di daerah untuk pemantauan dan pengawasan terpadu bagi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kedaruratan bagi masyarakat, yang saat ini sementara mengisi waktu berlebaran selama liburan panjang Idul Fitri 1444 H. 



"Setiap pemantauan yang dilakukan, personil dan kesiapsiagaan darurat menjadi bekal utama para aparat, khususnya unsur terlibat di lapangan.



 "TRC BPBD dilibatkan sepenuhnya dalam pemantauan lapangan yang disebar di beberapa titik wisata pantai. Hari kedua liburan ini, secara mobile pemantauan, mulai dari lokasi wisata pantai Lowita, Lawere, Ammani, Data, dan Salopi Lembang," jelas Rhommy Manule, Kepala Pelaksana BPBD Pinrang.


Seperti yang ditegaskan Letjen TNI Suharyanto, S.Sos,M.M. pada arahan Rakor Gelar Operasi Ketupat 1444 H bersama Kapolri dan Panglima TNI, beberapa saat lalu, 



"Seluruh aparat dan petugas BNPB-RI bersama BPBD seluruh Indonesia, Provinsi, Kabupaten/Kota sepenuhnya terlibat untuk lakukan pemantauan penuh bagi para pengunjung yang berwisata di tempat-tempat wisata, untuk kegiatan mitigasi antisipatif menghindari kejadian yang bisa saja menimbulkan korban jiwa saat berwisata.".(rls/har)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update