-->

Notification

×

Indeks Berita

PLN Jelaskan Penyebab Sering Mati Lampu Meski Sudah Mulai Hujan Dan Mohon Maaf

Senin, 27 November 2023 | November 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-27T01:16:55Z

 

Ket foto: kantor UPT 3 PLN kabupaten Pinrang jalan Jend Sukawati kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan 


PLN Jelaskan Penyebab Sering Mati Lampu Meski Sudah Mulai Hujan Dan Mohon Maaf





PINRANG, -- Keresahan Masyarakat Khususnya di bagian Wilayah Ajatappareng terkait Pemadaman listrik bergilir masih sering terjadi dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) meskipun sudah mulai masuk musim hujan. 





Ahmad Amirul Syarif Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID (UID Sulselrabar), dalam rilisnya kepada sahabat News Net mengatakan 

PT PLN (Persero) melakukan berbagai upaya untuk terus meningkatkan pasokan listrik sehubungan dengan kondisi kelistrikan di Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel). 




PLN terpaksa melakukan manajemen beban akibat cuaca ekstrim, khususnya panas yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan kondisi debit air yang menjadi sumber utama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) turun drastis dan mengakibatkan berkurangnya pasokan listrik.




Beberapa hari terakhir, hujan telah turun namun belum bisa sepenuhnya memulihkan pasokan bagi PLTA. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) juga masih terus dilakukan, khususnya di daerah tangkapan air di sekitar lokasi PLTA.





Sistem kelistrikan Sulbagsel sangat bergantung pada sumber listrik dari PLTA, yaitu sebesar 33 persen dari total pasokan listrik. Di sisi lain, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dimaksimalkan produksinya secara terus menerus juga perlu menjalani maintenance (pemeliharaan) sehingga manajemen beban harus dilakukan.





PLN terus mengupayakan penambahan pembangkit dan mengoptimalkan sistem interkoneksi sistem kelistrikan Sulbagsel yang terhubung mulai dari Sulawesi Selatan daratan, Sulawesi Barat, Palu (Sulawesi Tengah) dan Sulawesi Tenggara daratan sehingga bisa saling menopang.





Diketahui saat ini penambahan pembangkit yang sudah sinkron adalah sebesar 30 MW. Kemudian akan masuk lagi tambahan 50 MW pada akhir Desember 2023. PLN juga sedang lakukan percepatan penambahan pembangkit Inter Temporary Capacity di Punagaya sebesar 200 MW yang ditargetkan masuk sistem pada Maret 2024.





PLN memohon maaf terkait manajemen beban yang dilakukan dan kami berharap masyarakat bersedia bahu membahu dengan menurunkan penggunaan pemakaian listrik sehari-hari sambil menunggu pemulihan sistem kelistrikan.





"Untuk mengurangi dampak dan durasi padam, mohon dukungan masyarakat untuk sementara waktu ini agar bersama-sama mengurangi pemakaian listriknya sekitar 30 persen selama masa pemulihan pembangkit,"pungkas Ahmad Amirul Syarif Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar.(rls/Har)



Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update