-->

Notification

×

Indeks Berita

Dikerjakan Tahun 1936 Bendungan Benteng Pinrang Jejak Peninggalan Sejarah Masa Penjajahan Belanda

Sabtu, 04 Mei 2024 | Mei 04, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-04T13:48:15Z

Dikerjakan Tahun 1936 Bendungan Benteng Pinrang Jejak Peninggalan Sejarah Masa Penjajahan Belanda 


PINRANG,--Bendungan benteng merupakan sebuah bangunan Bendungan yang terletak di Kecamatan Patampanua (benteng), Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (Sulsel) dan kurang lebih 20 km sebelah utara jantung Kota Pinrang.


Bendungan benteng kini berumur 88 tahun (1936-2024) Pada tahun 1927, sebuah survei yang dipimpin oleh Frama dilakukan di lokasi induk pembangunan Bendungan Benteng. Kemudian pada tahun 1936, pembangunan Bendungan Benteng mulai dikerjakan dengan pemimpin pengerjaan yakni Ir. H. M. Farway. Bendungan Benteng selesai dibangun pada tahun 1939 dengan lokasi di wilayah. (Wikipedia).






Bendungan Benteng mendistribusikan air ke hampir seluruh persawahan di Kabupaten Pinrang. Bahkan air dari bendungan ini dialirkan ke daerah tetangga seperti Kabupaten Sidrap hingga Kabupaten Wajo.



Ringkasnya, dengan adanya pembangunan bendungan memang memberikan dampak positif terhadap produktivitas pertanian, ketahanan irigasi, dan juga mendorong penurunan angka kemiskinan.



Tahukah anda, Bendungan benteng juga termasuk salah satu cagar budaya yang telah di inventariskan oleh balai pelestarian cagar budaya makassar dengan nomor 874 yang menurut undang-undang nomor 11 tahun 2010 telah memenuhi syarat sebagai bangunan cagar budaya sehingga harus dilindungi dan dijaga kelestariannya.


Disebutkan Bendungan benteng banyak memiliki sejarah karena dibangun dimasa kolonial belanda, dan dibangun dengan sistem kerja rodi atau kerja paksa tanpa istirahat.


Selain itu Bendungan Benteng, memainkan peran penting dalam manajemen sumber daya air. Lebih dari sekadar struktur fisik, bendungan Benteng memiliki beragam fungsi yang mendukung kehidupan manusia, lingkungan, dan ekonomi. Mari kita eksplorasi beberapa fungsi utama yang dimiliki bendungan Benteng:


Penyediaan Air Baku Bendungan menyimpan air hujan dan sungai untuk digunakan di berbagai sektor, seperti pertanian, industri, perumahan, dan konsumsi umum. 


Dengan mengendalikan aliran air, bendungan membantu dalam memastikan pasokan air yang stabil dan teratur.



Penyediaan Air Irigasi

 Sistem irigasi yang terhubung dengan bendungan memungkinkan distribusi air ke lahan pertanian secara teratur. Ini membantu meningkatkan produktivitas tanaman dan menjaga keberlanjutan pertanian.



Pengendalian Banjir 

Bendungan dirancang untuk mengatur aliran sungai dan mengurangi risiko banjir. Mereka dapat menahan volume air yang tinggi dan mengontrol aliran air ke daerah hilir, mengurangi dampak banjir yang merusak.



Selain itu, Bendungan Benteng Juga di kenal masyarakat Pinrang Sebagai Sarana Edukasi Dan Objek Wisata Sejarah.



Bahkan Juga bendungan Benteng termasuk kategori bendungan layak menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air Bendungan adalah struktur yang dirancang untuk menyimpan air dan mengatur aliran air guna menghasilkan energi listrik melalui tenaga air. (PSDA)



Sumber: Diolah dari berbagai sumber.


Penulis. Abdul Haris (sekertaris PWI Pinrang)


Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update